Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with id: 375
Menu

Bimbingan Teknis Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Sesuai Permendagri 64 Tahun 2013

Seperti yang diamanatkandalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan KeuanganDaerah sebagaimana disempurnakan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011,mensyaratkan sebuah pelaksanaan rangkaian proses pengelolaan keuangan daerah dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan, akuntansi dan pelaporan keuangan daerah. Setiap prosesnya diaturdalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Proses akuntansi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pengelolaan keuangan daerah.Dalam proses ini, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentangStandar Akuntansi Pemerintahan dan Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan StandarAkuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah. Untuk memahami lebih jauh tentangproses akuntansi secara konsep maupun teknis yang sesuai dengan peraturan perundangan yangberlaku, Pemerintah Kabupaten Ponorogo dengan Bhima Consultant menyelenggarakan Pelatihan Teknis “Implementasi Peraturan MenteriDalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrualpada Pemerintah Daerah.

Adapun tujuan pelaksanaan Bimbingan teknis tersebut adalah Memberikan pemahaman mengenai penerapan SAP berbasis Akrual kepada penyusun laporan keuangan SKPD dalam rangka percepatan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2017 dalam rangka menghasilkan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK)/Staf PPK sebanyak 110 orang yang berasal dari 50 SKPD dan RSUD serta 31 BLUD Puskesmas di Kabupaten Ponorogo, bertempat di Hotel Red Sarangan pada tanggal 26-28 Februari 2018.

Untuk menguji output yang dihasilkan dalam Bimtek ini diadakan pretest dan post test terhadap materi yang diajarkan. Peserta terbaik dalam Bimtek ini diperoleh oleh Sdri. Elma Sosianti dari Puskesmas Sawoo dengan nilai pre test dan post test tertinggi yaitu 95. Diharapkan ilmu yang didapatkan dalam Bimtek ini dapat langsung diaplikasikan dalam rangka pembuatan laporan keuangan tahun 2017 dan pada akhirnya Kabupaten Ponorogo dapat mempertahankan opini WTP yang keenam dari BPK RI.

Baca selanjutnya...

PISAH KENAL PEJABAT BARU DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASSET DAERAH (DPPKAD) KABUPATEN PONOROGO

Ponorogo : Bertempat di ruang  pertemuan Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Ponorogo Dinas pendapatan pengelolaan keuangan  dan asset daerah kabupaten ponorogo (DPPKAD) menyelenggarakan acara pisah kenal pejabat di lingkungan DPPKAD Kabupaten Ponorogo.  Dengan diadakannya  mutasi ini diharapkan menemukan komposisi dan kinerja yang bagus.

Kepala dinas  DPPKAD  Bambang Tri wahono, SH, MM dalam sambutannya  mengharapkan kepada pejabat yang baru agar segera menyesuaikan pekerjaan yang telah menjadi tanggung jawabnya, dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja Dinas Pendapatan Pengelolaan keuangan Daerah Kabupaten Ponorogo.   Dalam acara kenal pisah itu juga mantan Sekretaris DPPKAD Drs. Moh. Samsul Huda ,MM mewakili Pejabat untuk berpamitan dan melantun lagu “Jaga Selalu Hatimu” yang dipopulerkan group band Seventeen menjadikan suasana haru seisi ruang pertemuan.

Adapun nama pejabat yang di mutasi, promosi ada  pensiun sebagai berikut

PEJABAT BARU DPPKAD KABUPATEN PONOROGO

NO

JABATAN

PEJABAT LAMA

PEJABAT BARU

1

Sekretaris

Drs. MOH. SAMSUL HUDA,MM

Hj.LILIEK CHUNARWATI, S.Sos, MM

2

Kepala Bidang Asset

RESTUADI HERY WIBISONO, SH, MH

EDY PRAWOTO, SH, MM

3

Kepala Seksi Anggaran Pendapatan

BAMBANG MURJITO, S.Sos, MM

SUWITO RIBUT BASUKI, S.Sos, M.Si

4

Kepala Seksi Belanja Tidak Langsung

DWI SULISTYORINI, SE

TITA YUNIARTI, SE , MM

5

Kepala Seksi Pajak dan Perimbangan Keuangan

PANUT S.Sos, MM

Drs. SUHARIANTO, M.Si

6

Kasi Inventarisasi

Drs. SUHARIANTO, M.Si

HARIANTO, S. Sos

 

STAF PENSIUN DPPKAD KABUPATEN PONOROGO

NO

NAMA

TMT

1

SUGIONO

01 /02/2013

2

SUSILO WARDANI, SE

01/09/2013

3

SUHARIANTO, SH

01/04/2014

 

Baca selanjutnya...

GATHERING PAJAK DAERAH TAHUN 2014

Dalam rangka upaya lebih mendekatkan diri kepada Wajib Pajak di bidang pelayanan, pembayaran dan dalam rangka memberikan penghargaan kepada wajib pajak, Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo mengadakan acara Gathering Pajak yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Desember 2014 di gedung Sasana Praja lantai dua . Acara ini dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati Ponorogo, Camat, lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Ponorogo dan perwakilan Wajib Pajak Potensial di Wilayah Kabupaten Ponorogo.

Dengan diadakanya acara Gathering Pajak dengan tema “Bersama Kita Membayar Pajak Daerah” ini diharapkan bisa menambah kesadaran Masyarakat akan pentingnya Pajak untuk Pembangunan. Selain itu dengan telah tercapainya Target Pajak dan sebagai ucapan terimakasih atas ketaatan wajib pajak akan kewajiban membayar pajak,  Pemerintah Daerah akan memberikan Reward berupa hadiah-hadiah menarik bagi wajib pajak yang beruntung dengan cara dilakukan undian berdasarkan data pembayaran.

Hasil pengundian hadiah Gathering Pajak klik disini

Baca selanjutnya...

Tata Cara Pembayaran Tunjangan Profesi Guru PNS dan Non PNS

Perhatian pemerintah terhadap tenaga pendidik khususnya Guru baik guru PNS maupun non PNS, sekarang ini semakin besar. Hal ini ditunjukkan dengan pemberian beberapa tunjangan bagi guru untuk memberikan kesejahteraan yang lebih baik. Salah satu tunjangan yg diberikan kepada Guru PNS dan non PNS yang dibebankan pada APBN adalah Tunjangan Profesi Guru dan Tunjangan Khusus Guru. Pemberian tunjangan tersebut diatur petunjuk pelaksanaannya dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 164/PMK.05/2010 tentang Tata Cara Pembayaran Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen serta Tunjangan Kehormatan Profesor.

Baca selanjutnya...
Berlangganan RSS feed

Artikel

 


DPPKAD Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481612
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.